Keutamaan Ramadhan

Allah mempunyai fasilitas untuk melebur dosa harian, bulanan dan tahunan. Rosul menyampaikan bahwa sholat 5 waktu merupakan kafart pelebur dosa diantara 2 sholat. Artinya apabaila ada yang sholat dhuuur merupakan fasilitas untuk melebur dosa yang dilakukan ketika waktu sholat subuh hingga sholat duhur.

Ramadhan yang merupakan bulan yang penuh berkah, dimana semua orang harus berahagia karena pada saat bulan romadhon karena rahmat Allah diibartkan seperti hujan.  Sebuah hadist berbunyi, bahwa antara bulan ramadhan yang satu menuju bulan ramadhan yang lain merupakan pelebur dosa diantara bulan romadhan. Umat manusia sebagai wujud rahmat dan kasih sayang kepada umat manusia Karena sejatinya Allah tidak ingin anak cucu adam masuk neraka.

Allah mempunyai 2 hal yang harus diperhatikan yaitu perintah dan larangan. Faktanya manusia tidak ada yang sempurna. Ketika manusia melakukan maksiat atau melanggar agama, Ibadah yang dilakukan tetap dterima oleh Allah dengan syarat yang dilakukan sesuai dengan syariat-Nya.

Ada sesuatu yang membatalkan puasa dan ada sesuatu yang mengurangi pahala puasa. Sesuatu yang membatalkan puasa mislanya makan, minum, berhubungan suami istri, sesuatu yang masuk kedalam perut kita. Sesuatu yang mengurangi pahala puasa misalnya melakukan kemaksiatan, menggunjing, berpacaran, dan bergosip.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *