Pandemi pas ramadhan

Beberapa masyarakat menganggap bahwa puasa dapat menurunkan daya imun tubuh. Padahal kenyataannya, berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh ilmuwan Amerika di beberapa negara puasa mempunyai dampak positif. Khususnya untuk organ tubuh usus dapat terhindar dari penyakit infeksi usus dan kanker. Tetapi yang harus diperhatikan puasa yang dilakukan harus memperhatikan pola makan.

Ketika puasa, penting untuk memperhatikan gizi dan nutrisi yang seimbang sehingga dapat menghindari ngantuk.  Beberapa makanan yang bagus untuk dikonsumsi selama sahur antara lain oatmeal, nasi, yoghurt, roti, konsumsi makanan yang mengandung protein dan sereal saat sahur. Hindari konsumsi teh dan minuman bersoda yang akan mengakibatkan ke kamar mandi lebih sering sehingga cairan yang ada didalam tubuh cepat habis.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berbuka, jangan langsung makan dalam jumlah banyak karena kondisi lambung yang sebelumnya kosong karena puasa. Sehingga, jangan langsung makan santan dan lemak yang bias menyebabkan lambung bekerja keras. Sehingga jika berbuka puasa, dianjurkan untuk makan yang berjeda bisa diawali dengan minum air mineral kemudian dianjurkan dengan makanan rendah lemak, minum jus kemudian sholat maghrib baru dilanjutkan makan makanan yang mengandung karbohidrat protein dan lemak.

Tips untuk menjaga system imun selama berpuasa antara lain hindari konsumsi gula yang berlebih seperti es buah karena kebanyakan kadar gula dapat menyebabkan diabetes tipe 2, obesitas dan penyakit jantung. Yang secara tidak langsung akan menurunkan system imun kita. Apabila sistem imun menurunkan hal tersebut menyebabkan tubuh lebuh mudah terserang virus mengingat saat ini sedang banyak virus corona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *