Ramadhan Sebagai Momen Pembenahan Diri

Tema : “Ramadhan sebagai momen Pembenahan Diri”
Oleh Riski Putra, M.Pd

Seringkali di bulan ramadhan kita melakukan kegiatan yang kurang produktif yang kita lakukan secara terus-menerus.

Momen bulan ramadhan banyak pertimbangan untuk melakukan berbagai kegiatan atau tindakan. Itu merupakan salah satu contoh proses pembenahan diri yang kita lakukan.

Hal yang bisa kita lakukan dalam proses pembenahan diri yaitu konsisten, dalam melakukan suatu tindakan. Hal yang harus kita perhatikan yaitu konsisten. Karena tanpa kita sadari konsisten perlu kita perhatikan guna menjaga apa yang sudah kita bangun dari awal.

Beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam pembenahan diri yaitu menyadari kelemahan diri sendiri. Hal pertama yang perlu kita lakukan yaitu sadar diri. Hal itu sangat penting karena tanpa adanya kesadaran diri untuk menilai kekurangan kita maka kita juga tidak akan ada semangat untuk melakukan pembenahan diri.

Untuk menyadari sebuah kesalahan tidaklah mudah. Yang perlu kita sadari bahwa setiap manusia pasti akan melakukan sebuah kesalahan. Jadi setelah itu kita refleksikan sehingga kita mampu meningkatkan niat untuk melakukan pembenahan diri.

Agar tetap istiqomah dalam melakukan hal hal yang bisa menunjang pembenahan diri yaitu lakukanlah mulai dari hal hal yang kecil. Karena dalam proses perubahan tidaklah langsung ke suatu yang besar. Namun harus kita lakukan dari hal hal yang kita anggap remeh secara Istiqomah.

Jangan pernah jadikan puasa menjadi beban. Jadikan puasa sebagai ladang pahala untuk kita. Apalagi jika kita melakukan aktivitas yang bermanfaat sehingga mampu meningkatkan semangat.

Untuk melakukan suatu perubahan untuk pembenahan diri yang kita lakukan sendiri cukup sulit maka carilah teman atau lingkungan yang mensupport keinginan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *