Tips Fokus Kuliah Saat Ramadhan

Tips Fokus Kuliah saat Ramadhan oleh Festian Cindarbumi, M.Pd

Puasa merupakan bulan penuh berkah. Sehingga, jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan . Dari ibu rumah tangga, para pekerja, anak sekolah, hingga mahasiswa sebaiknya menjalankan aktivitasnya seperti biasa. Kita harus pintar-pintar mengatur waktu, terutama jam istirahat, supaya lancar berpuasa. Bahkan, kita bisa lebih produktif jika menerapkan kebiasaan-kebiasaan yang benar selama puasa. Karena berkuliah juga termasuk kewajiban sebagai Mahasiswa.

Ada beberapa cara agar tetap fokus kuliah saat Berpuasa :

  1. Menata niat Karena Allah
    Niat itu bersarang dalam hati. Agar ia tetap terjaga utuh, seseorang harus menata niatnya sebelum melakukan sesuatu, ketika melakukannya, dan sesudah selesai. Dan hal itu bisa dimiliki dengan melalui berbagai latihan (riyadhah) mental yang intensif, yakni berusaha menata niat, karena ia tidak akan serta merta bersih dengan sendirinya.Memang niat mudah diucapkan namun sukar untuk dipraktikkan.
  2. Jangan Begadang
    Kuliah pada takdirnya memang penuh dengan deadline yang bikin pusing tujuh keliling. Alangkah baiknya, untuk meminimalisir begadang dan kelelahan pada bulan puasa, cobalah kerjakan tugas dan belajar usai sahur saja. Pagi hari justru membuat pikiran segar dan fokus.
  3. Mengkonsumsi Makanan yg bergizi .
    Saat sahur, coba pilih makanan yang bergizi. Jangan hanya makan mie instan doang. Pilih menu sehat, misalnya perbanyak sayur dan buah. Sertakan bahan makanan yang kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh.
  4. Agenda bukber dengan teman-teman
    Agenda bukber juga sangat diperlukan untuk mempererat tali persaudaraan dengan teman2, selain itu juga untuk merefresh otak supaya tidak jenuh akan kesibukan kuliah.
  5. Minum Air Putih
    Minum air putih itu paling penting untuk menjaga kesehatan serta ion di tubuh, apalagi buat yang akan menjalankan puasa dengan aktivitas yang masih padat. Saat bulan puasa, pasti kebanyakan lebih memillih minuman-minuman manis ketimbang air mineral. Nah, saat puasa, tinggalkanlah kebiasaan buruk itu dan konsumsilah air lebih banyak. Dua gelas saat buka, empat gelas saat menjelang tidur, dua gelas saat sahur bisa diterapkan supaya tubuh tak mudah lemas, dan wajah tetap berseri.
  6. Pilih Seragam/baju yang nyaman dan tidak tebal.
    Biasanya bulan puasa selalu gerah. Buat yang hobi banget ke kampus pake baju ribet-ribet dengan bahan yang luar biasa panas, mending ditinggalkan dulu kebiasaan itu. Mulailah memilah-milah pakaian yang nyaman untuk dipakai ke kampus. Gak perlu yang susah-susah, yang penting nyaman, sopan, dan rapi.

Tips Belajar yang efektif saat puasa adalah setelah sahur dan sore hari sebelum berbuka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *